Panasonic Hadirkan Kompetisi PYFM 2022

Pada acara Press Conference Panasonic Young Film Maker berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia, Kamis (10/11/2022). (sumarno)

Mediabintang.com, Jakarta - Mendukung industri kreatif Tanah Air momentum Hari Pahlawan 10 November 2022, Panasonic kembali berkomitmen hadirkan Panasonic Young Film Maker (PYFM) 2022, sebagai wadah bagi filmmaker dan creator muda Indonesia.


Ajang kompetisi Panasonic Young Film Maker 2022 berkolaborasi dengan berbagai brand Panasonic, seperti Panasonic TV, Panasonic Cooking dan Panasonic Beauty serta komunitas kreatif dan para professional dari industry perfilman dan juga videografi dalam setiap kategori.


Hal ini merupakan bentuk penyesuaian Panasonic dengan tren video dan digital saat ini, bertujuan memperluas audience yang tidak hanya dari pembuat film tapi juga pembuat konten video digital dari berbagai latar belakang maupun minat.


Intan Abdams Katoppo, Transformation and Service PT Panasonic Gobel Indonesia menjelaskan, "Panasonic Young Filmmaker merupakan salah satu upaya dalam berkontribusi untuk kemajuan industri kreatif di Indonesia."


Menurutnya, memberikan wadah para creator muda Indonesia menunjukan karyanya dalam bidang videografi sekaligus memberi kesempatan kepada mereka bertemu dan berdiskusi dengan para professional dibidangnya.


Dalam rangkaian acara PYFM 2022, para filmmaker dan content creator muda nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan menimba banyak ilmu mengenai tren proses pembuatan film maupun video digital.


Panasonic GOBEL sebagai pelopor industri elektronik dengan pengalaman lebih dari 60 tahun terus, berkomitmen untuk menciptakan 'Live Your Best' melalui berbagai inovasi produk serta aktivitas bisnis yang dibuat dan dipasarkan, salah satunya mengadakan PYFM 2022 sebagai kompetisi film pendek dan digital video, dengan target #filmmaker dan content creator muda berbakat di seluruh Indonesia.


"Hal ini juga merupakan Panasanic Lumix untuk tidak hanya menjadi merek kamera yang dicintai para penggemar video dan foto dari seluruh dunia, tapi juga dapat mendukung para sineas dan creator muda dalam menghasilkan karya karya terbaiknya”, ucap Intan Abdams Katoppo pada acara press conference di Jakarta, Kamis (10/11/2022).


Sementara itu, Agung Ariefiandi, General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia menyampaikan, bahwa la menyadari kondisi saat ini yang masih dalam masa pasca pandemi dimana kita masih harus terus berjuang.


Kata dia, PYFM kali ini mengusung tema STRIVE yang berarti berjuang. PYFM 2022 mengajak teman-teman pekerja kreatif muda di Indonesia untuk membuat dan mengirimkan karya video dengan tema untuk terus membangkitkan semangat di masa penuh ketidakpastan ini.


Panasonic bersama para juri dan komunitas yang memiliki visi dan misi sejalan, Lumix ingin melanjutkan kampanye #KolaborasiTanpaBatas, mengajak setiap pemangku kepentingan & industi fiim/video untuk mengambil peran dalam mendidik dan memotivasi filmmaker juga content creator muda bertalenta dan memiiki daya saing dalam ajang film di tingkat lokal maupun Intemasional.


“Percepatan perkembangan digitalisasi di Indonesia kali ini PYFM hadir dengan ragam kategori yang disesuakan dengan tren video saat ini, yang tidak hanya menargetkan filmmaker tetapi juga content creator yang menghasilkan video terbaik untuk media sosial.


Hal itulah yang membuat kami percaya bahwa kita semua sebenarnya terlahir untuk menetapkan sesuatu sesuai dengan kampanye PYFM 2022 #BORNOCREAT, ujar Agung Ariefiandi.


Terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, & Vertical Video. Kategori Short Move merupakan produksi film pendek dengan genre Drama, Komedi, Horror, Acson, serta Dokumenter berdurasi maksimal 10 mena. Wedding Video, Pre-Wedding Video, Nature & Midife Video dan Experimental Video.


Dan Vertical Video yang merupakan produksi video dengan format 9:16 yang juga terbagi dalam 4 sub-kategori yaitu Local Travel Video, Local Food Video, Education Video dan Fashion & Beauty Video dengan durasi minimum 1 menit.


Mengusung kampanye #BornToCreate PYFM 2022 menggandeng juri ternama yakni sutradara dan penulis muda Yandy Laurens & cinematographer Goenrock untuk kategori short movie, serta Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcadeny.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertical video.


Sedangkan Agung Ariefiandi selaku representatif Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori. PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI, SNXP dan Keratif Film School. (sm_r)

TERKAIT