Seperti Apa Kolaborasi Desainer Leny Rafael dan Anton Wibowo di Ajang Isef 2022?

Mediabintang.com,Jakarta-Mengusung brand ‘WOU Batik Luxury, desainer Leny Rafael bekerjasama dengan Anton Wibowo, pendiri WOU Batik, hadirkan koleksi Abimana Series di Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) sebagai bagian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).  Kolaborasi ini menyasar kalangan menengah atas di rentang usia 25-45 tahun.


Batik, keindahan karakteristik motif dan beragam warnanya, tak hanya disukai masyarakat domestik tapi juga manca negara. Hasil kekayaan budaya nenek moyang kita ini, Indonesia. Leny Rafael, mengusung brand WOU Batik, menghadirkan koleksi Abimana Series di Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) sebagai bagian Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).


"Di ajang ini saya menampilkan koleksi Abimana Series dengan menampilkan model busana delapan look. Koleksi busana ready to wear ini menghadirkan gaya modern luxury dengan memanfaatkan paduan kain batik, satin, tile, dan organza. “Look dari koleksi ini menampilkan jenis busana seperti rok lilit, outer, dan inner,” terang Leny usai pergelaran busana di hari pertama ISEF 2022, Rabu (5/10/2022), seraya mengatakan, koleksi Abimana Series ini bisa dipadu-padankan sehingga menghasilkan tampilan berbeda.


 IN2MOTIONFEST menjadi debut ‘WOU Batik Luxury By Leny Rafael ‘mempublikasikan desain terbaru batik yang diberikan sentuhan manik-manik sebagai ciri khas Leny untuk memberikan kesan glamour. “Ini menjadi semacam soft launching WOU Batik Luxury By Leny Rafael. Nantinya direncanakan ada kelanjutannya,” ujar Leny.  


Koleksi Abimana Series Leny menampilkan 8 look, beberapa di antaranya diperagakan  empat muse, yakni Lisya Nurrahmi, Nina Septiani, Mellya Baskarani, dan Intan Widya Nanda. Koleksi busana ready to wear itu hadirkan gaya modern luxury dengan memanfaatkan paduan kain batik, satin, tile, dan organza. Koleksi Abimana Series ini di bandrol mulai dari harga Rp400 ribu hingga Rp1,8 juta.  


Leny menambahkan, tema Abimana yang diusungnya  menggambarkan dirinya sebagai sosok wanita yang kuat, semangat dan mandiri untuk kembali melakoni bisnis yang sempat terdampak karena pandemi Covid-19.  “Kolaborasi Leny Rafael dan WOU Batik menjadi titik awal menyambut dunia bisnis yang mulai menggeliat. Saya dan WOU Batik memiliki kebutuhan saling melengkapi. Saya butuh produsen yang bisa memproduksi busana ready to wear secara massal. Dan WOU Batik membutuhkan saya untuk merancang produk untuk segmen menengah atas,” tuturnya.  


Hal senada juga disampaikan Anton Wibowo, pendiri WOU Batik yang memulai usahanya dari seorang reseller bermodal minim, hanya Rp200 ribu saat itu. “Saya gunakan uang Rp200 ribu untuk pasang iklan. Alhamdulillah, berkembang pesat dan berjalan  lancar,” ujarnya.


Pria yang memulai usaha batik sejak 2016 awalnya menjual pakaian batik couple (sarimbit).


Dia memasarkan dagangannya melalui media sosial seperti Facebook dan selanjutnya merambah sejumlah marketplace.


Mulai 2020, Anton mulai melirik pangsa pasar menengah dengan membesut merek WOU Batik Premium. Dalam hal ini dia memberdayakan perajin batik dari Solo dan Sragen. Dalam meluaskan cakupan bisnis dan menjangkau pasar lebih atas, Anton memutuskan berkolaborasi dengan Leny Rafael.


Anton menyadari, untuk bisa masuk ke segmen menengah atas, butuh sejumlah faktor pendukung di antaranya bahan berkualitas baik dan desain yang tidak pasaran.


“Dengan Leny Rafael saya merasa cocok. Jadi kita memuttuskan berkolaborasi,” ujarnya.


 Keputusan masuk ke segmen menengah atas, menurut Anton, dilakukan melalui riset. “Kami sudah melakukan riset dan menyimpulkan pangsa pasar middle up untuk produk kami ini masih cukup besar, dan ini belum kami jangkau,” imbuhnya.


Khusus kerja sama dengan Leny Rafael, Anton mengatakan WOU Batik akan menciptakan corak batik khusus yang mencirikan karakter karya sang desainer. “Kami sepakat menggunakan gambar bunga sakura sebagai corak batik khas produk WOU Batik Luxury By Leny Rafael,” pungkasnya.  (den)


 


 


 

TERKAIT