Senin, 25 09 2017
23:59 WIB - Mahkota Musik Indonesia Sukses Gelar Kompetisi Gitar Terpopuler Di Tanah Air | 22:58 WIB - Lotte Mart dan Baznas Ajak Donasi di 17 Gerai Lotte Mart | 09:30 WIB - Ikuti Confidence Testimonial Contest, Raih Hadiahnya | 01:06 WIB - Bantu UKM, Lotte Grosir Gandeng Baznas | 00:45 WIB - Livi Zheng Rilis Film Dokumenter Bali Beat of Paradise | 00:33 WIB - Uki Rajai Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1400
 
MEDIA BINTANG (MB) : INSPIRASI : Ritchie Freddy, Pengamen Yang Sukses Menjadi Pencipta Lagu

Ritchie Freddy, Pengamen Yang Sukses Menjadi Pencipta Lagu

INSPIRASI - red - Sabtu, 25/01/2014 - 12:41:52 WIB

mediabintang.com-Ritchie Freddy, namanya memang belum popular. Namun, karya cipta lagunya sangat intim di telinga masyarakat Indonesia. Diantaranya lagu yang dinyanyikan Syahrini, bertitel 'Sesuatu' dan album Sule, 'Album Tukri' serta 'OVJ'

Mencipta lagu bagi pria asal Bandung, Jawa Barat hanya bermodalkan otodidak saja. Sejak duduk di bangku SMP ia sudah gemar mencipta. Saat itu di tahun 1990. Ritchie tidak diizinkan orangtuanya untuk berprofesi mencipta lagu.

"Orangtua saya tidak mengizinkan. karena menurut orangtua saya, mencipta lagu tak ada masa depannya," ucap Ritchie pada mediabintang.com diacara deklarasi Gabungan Artis Indonesia Berpeduli (GAIB), Selasa (21/1) di Cafe Rarampa Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dengan tekad bulat, Ritchie akhirnya memutuskan meninggalkan rumah. Ia ingin membuktikan bahwa mencipta lagu juga merupakan peluang menuju masa depan. Namun, kesuksesan yang diharapkan tak semudah yang dipikirkan. Banyak label menolak ciptaan lagunya.

"Akhirnya saya mengamen. Siang ngamen di resto-resto dan malamnya nyanyi di bar-bar. Hasilnya lumayan," terangnya.

Hambatan bagi Ritchie peluang menuju kesuksesan. Meski banyak ciptaan lagunya ditolak label, ia tetap tak berputus asa.

"Ciptaan lagu yang sudah saya kemas di CD dan saya kirim ke label banyak ditolak. Maklum, harus beberapa meja yang dilewati. Bisa jadi sebelum masuk ke produser, sudah dibuang. Soalnya jumlah contoh cd yang masuk, jumlahnya  ratusan," kilah Ritchie.


Usaha Ritchie pun berhasil. Ia bertemu beberapa musisi besar. seperti Deddy Dores dan lain lainnya, Ritchie di daulat untuk bergabung menggarap album cover version di beberapa studio rekaman analog yang ada pada era itu, 1990-an, sebagai musician arranger atau penata musik rekaman.

"Alhamdulillah saya mendapat kesempatan bertemu banyak musisi besar. Mereka turut membimbing saya dan saya diajak bantu-bantu aransement musik atau lagu. Banyak sudah saya membantu dalam penggarapan project project rekaman dengan musisi besar saat itu," ungkapnya mengenai keberhasilan yang diperolehnya hingga kini.

Di tahun 1990-an, musik dan lagu karya Ritchie Freddy pun mulai banyak diminati dan dijual dengan pola sistem jual putus. Nilai jual lagu  karyanya sangat kecil.

"Kalau sekarang, dengan tegas saya menolak menjual lagu karya saya dengan sistem jual putus, yah, dengan pihak manapun. Pihak Label atau Produser sudah saatnya mulai menghargai dengan benar karya cipta apa pun bentuknya," imbuh pria ganteng dan keren yang lagunya pernah juga dinyanyikan Iyeth Zenith, berjudul 'Hidup Hanya Sekali' ini.

 
 
Redaksi | Tentang Kami
Copyright 2013